Instalasi Sistem Operasi Windows 10

Kompetensi Dasar
3.5 Menerapkan instalasi sistem Operasi
-----------------------------------------------------------------


Sebelum menginstall sistem operasi windows 10, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Siapkan Flashdisk installer windows 10 nya terlebih dahulu, karena tutorial kali ini menggunakan Flashdisk untuk media instalasinya, apabila belum faham bagaimana membuat installer dengan flashdisk, silahkan pelajari Cara Membuat Bootable USB menggunakan Universal USB Installer
  2. Agar booting pertama kali dari USB Flashdisk, silakan setting terlebih dahulu boot device priority pada menu BIOS, pilih Removable Device.
  3. Jika yang diinstall laptop, colokkan charger segera, jangan sampai batre habis waktu melakukan instalasi.
  4. Jika pengaturan Boot sudah benar, maka simpan atau “save” dan “restart”, nanti akan tampil seperti gambar dibawah, kemudian tekan ENTER untuk memulai proses instalasinya.
  5. Pilih Bahasa “English” kemudian klik “Next”.
  6. Klik “Install now” untuk melanjutkan
  7. Masukan “Product Key” windows 10
  8. Klik kotak kecil “I Accept the license terms”, dan kemudian klik “Next”
  9. Pilih “Custom: Install Windows only (Advanced)”. Ini adalah prosedur “Clean Install” dan mulai instalasi dari awal agar sistem operasi terbebas dari virus dan bersih.
  10. Atur Partisi untuk memilih penginstalan sistem sesuai dengan keinginan. Tapi harap di ingat Partisi sistem operasi sebelumnya harus dihapus dengan menekan “Delete” kemudian ganti dengan partisi baru. Pengaturan ini bisa dilakuin memakai kursor mouse yang di atur pada partisi tertentu, nanti tombol pengaturan lengkap akan tersedia.
  11. Kemudian Flashdisknya WAJIB dicabut ketika restart, agar tidak terjadi pengulangan
  12. Setelah restart otomatis beberapa kali, nanti diminta memasukan data nama dan pengaturan, bisa diisi bebas.
  13. Kalo udah mengisi datanya nanti terlihat gambar berikutnya seperti ini.

Lengkapi proses instalasi anda dengan menginstal seluruh driver untuk mengoptimalkan beberapa device seperti VGA, LAN dll.



Lebih baru Lebih lama