Pengertian Sistem Operasi (Operating System)

BAB IV
Instalasi Komputer

Kompetensi Dasar
3.5 Menerapkan instalasi sistem operasi
--------------------------------------------------------------------

Sistem Operasi adalah sebuah perangkat lunak atau software yang bertanggunga jawab mengatur atau mengontrol kerja perangkat keras atau hardware dan menjalankan aplikasi atau software didalam suatu sistem komputer.

Dapat dikatakan bahwa sistem operasi merupakan sebuah sistem yang mengendalikan operasi dasar dan memastikan sistem dalam komputer dapat berjalan dengan semestinya.

Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

Fungsi Sistem Operasi

Sistem Operasi memiliki fungsi yang vital dalam komputer. Berikut adalah beberapa fungsi dari Sistem Operasi :
  1. Resource manager adalah pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya. Misalnya memori, CPU, disk drive dan perangkat lainnya.
  2. Interface atau tatap muka, yaitu sebagai perantara antara pengguna dengan perangkat keras dengan menyediakan tampilan kepada pengguna yang leibh mudah dipahami dan bersahabat.
  3. Coordinator, mengkoordinasi dan menyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang kompleks dapat diatur dan proses secara berurutan.
  4. Guardian, menyediakan akses kontrol dengan tugas melindungi file dan mengawasi data dan program
  5. Gate Keeper, berfungsi mengendalikan hak akses pengguna dalam mengendalikan yang berhak masuk ke dalam sistem dan mengawasi apa saja yang dilakukannya.
  6. Optimizer ialah sebagai penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi dan penggunannya.
  7. Accountant yang mana berfungsi mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal
  8. Server berfungsi untuk melayani pengguna komputepengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya. Misalnya memori, CPU, disk drive dan perangkat lainnya.

Bagian dalam Sistem Operasi

Sistem Operasi terdiri dari beberapa bagian umum, antara lain :
  1. Mekanisme Boot, yakni meletakkan kernel ke dalam memory
  2. Kernel adalah inti dari sebuah Sistem Operasi.
  3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna.
  4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
  5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.
Contoh Sistem Operasi

Untuk lebih memahaminya berikut contoh sistem operasi yang telah ada di pasar dunia
Berikut ini adalah beberapa contoh OS yang sering dijumpai di pasar gadget seluruh dunia:
  • Windows
  • Linux
  • MacOS
  • Android
  • Solaris
  • IBM
  • Chrome OS
Lebih baru Lebih lama