Cara Membuat Blog - Hanya 5 Menit

Blog adalah sebuah aplikasi website yang berisi konten-konten tertentu, blog atau web log juga  berbentuk tulisan-tulisan atau biasa disebut posting pada sebuah halaman website. Situs website atau blog ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan pengguna blog tersebut. Pertama kali, blog dipopulerkan oleh suatu platform milik Pyra Labs yang bernama blogger(dot)com.

Platform Blog yang paling terkenal ada dua yaitu : Blogger dan Wordpress.

Ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum membuat blog, diantaranya e-mail dan koneksi internet, berikut langkah-langkah untuk membuat blog.

  1. Buka halaman web Blogger.com, Anda akan menemukan halaman dengan tampilan seperti gambar di bawah ini. Jika Anda sudah memiliki akun Google, silahkan langsung klik SIGN IN, kemudian login dengan memasukkan alamat email dan kata sandi di kotak yang sudah disediakan

  2. Saat berhasil masuk ke blogger.com temukan menu Blog Baru dan klik. Langkah ini sudah memasuki tahap pembuatan blog. 

  3. Isi Judul dengan judul apapun sesuai dengan konsep blog yang ingin Anda buat misalnya "Majalah Kreatifitas", kemudian masukkan Alamat blog yang nantinya menjadi tujuan para pengunjung, misalnya majalahkreatifitas.blospot.com. Pilihlah nama yang mudah diingat dan semenarik mungkin, akan tetapi blogger akan memverifikasi ketersediaan alamat, alamat yang akan diterima adalah alamat yang belum pernah ada. Lalu pilih Template yang tersedia di dalam kolom tersebut, dan tutup dengan mengklik Buat Blog! 

  4. Selesai! Blog Anda sudah berhasil dibuat, klik judul blog Anda untuk mengakses dashboard secara terpisah. 

  5. Sekarang blog baru Anda perlu sebuah artikel, bisa apa saja, mungkin satu dua patah kata untuk menyambut pengunjung yang datang ke blog pertama Anda. Caranya klik tombol Entri baru.

  6. Di halaman ini Anda bisa mengisi blog dengan konten apapun selama dalam aturan yang sudah ditentukan, di Blogger.com konten Anda akan terbuka dan dapat dibaca oleh jutaan orang di seluruh dunia, jadi pastikan konten atau artikel yang Anda tulis bermanfaat bagi pengunjung.
  7. Buat artikel yang menarik, Anda bisa juga menambahkan gambar di dalam artikel agar lebih hidup. Bagi yang sudah merasa mahir, gambar ini juga bisa anda kreasikan seperti memberikan efek ketika gambar ini disentuh oleh mouse, maka gambar akan bergoyang, anda bisa mencobanya dengan melihat artikel Cara Membuat Efek Gambar Bergoyang Pada Blog.
  8. Silahkan menjejalah dengan menghabiskan waktu beberapa lama di dashboard blog Anda agar lebih cepat paham, perhatikan sejumlah menu di atas kotak artikel di halaman tersebut, saya yakin Anda dapat memahami dengan mudah apa kegunaan dari setiap tombol tersebut. Practices makes perfect!

  9. Jika sudah selesai klik tombol Publikasikan dan Anda akan dihantarkan ke halaman daftar konten seperti ini. Untuk melihat hasil tulisan Anda, klik Lihat blog.



Lebih baru Lebih lama