HUT Ke-76 RI: Siswa Melaksanakan Upacara secara Terbatas




Jurnalis Sekolah-Tangerang (19/08/21). Peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Balaraja berlangsung sederhana di tengah pandemi COVID-19. Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia digelar di lapangan Gedung MTs Satu Atap Balaraja, Kabupaten Tangerang, Selasa (17/08/21).

Upacara yang digelar di tengah pandemi itu dilaksanakan dengan sangat terbatas dan dengan protokol kesehatan yang ketat. Ubaidillah, S.Pd., sebagai pembina kesiswaan menyampaikan bahwa "Upacara peringatan Hari Kemerdekaan kali ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang cukup sederhana dan hanya melibatkan sebagian kecil siswa sebagai peserta upacara," ungkapnya.

Upacara digelar sejak pukul 08.00 WIB hingga selesai. Bertindak sebagai inspektur upacara, yaitu Penanggung Jawab Madrasah Bapak H. Bay Makmun, M.Pd. Dalam amanatnya beliau menyampaikan harapan besar kepada siswa untuk selalu semangat dalam belajar, tetap disiplin dan tetap menjaga kesehatan di masa pandemi. karena hal itu merupakan salah satu cara bagi siswa dalam mengisi kemerdekaan di masa pandemi covid-19. Selain itu, beliau berpesan "Kegiatan pengembangan diri siswa di madrasah harus tetap berjalan, meski dalam ruang gerak yang terbatas, karena banyak tantangan dimasa depan, terutama pasukan marching band yang diminta oleh instansi di luar untuk mengisi dan mengiringi kegiatannya," kata beliau dalam amanatnya.

Panitia pelaksana HUT Ke-76 RI dipelopori oleh pengurus OSIS-Laskar Biru.  Pengibaran Bendera Merah Putih dikibarkan oleh siswa yang tergabung dalam Pasukan Paskibra madrasah, dan instrumen lagu kebangsaan Republik Indonesia diiringi oleh Grup Marching Band madrasah dan tim paduan suara. Mereka merupakan siswa-siswi yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler yang ada di MTs Satu Atap Balaraja. 

Terkait peran siswa dalam mengisi kemerdekaan. Siswa atau pelajar adalah generasi penerus bangsa. Dikutip dari buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas IX SMP/MTs oleh Aim Abdulkarim, tugas mulia bagi generasi penerus bangsa adalah selalu menjaga, memelihara, dan mempertahankan kemerdekaan. Berikut beberapa poin positif dalam mengisi kemerdekaan bagi siswa, yakni belajar giat supaya menjadi warga negara yang cerdas, berpendidikan maju, setara dengan bangsa-bangsa dari negara-negara maju dan berlaku jujur dalam setiap kata dan perbuatan serta optimis terhadap masa depan. Dalam pembukaan UUD 1945, diisyaratkan bahwa bangsa Indonesia harus mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat, khususnya untuk mencapai pembangunan nasional. [UB]


Foto: Pasukan Paskibra
Dok. Madrasah
Foto: Pasukan Marching Band
Dok. Madrasah

Foto: Pengibaran Bendera Merah Putih
Dok. Madrasah
Foto: Peserta Upacara
Dok. Madrasah







Lebih baru Lebih lama