Upacara Memperingati Hari Santri Nasional 2022

 


Senin (24/10/22). Peringatan Hari Santri di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Balaraja berlangsung sederhana. Para peserta upacara kenaikan bendera yang biasa dilaksanakan hari Senin kali ini tampak terlihat mengenakan pakaian muslim dengan khas santri indonesia.

Upacara kenaikan bendera sekaligus memperingati Hari Santri itu dilaksankana dengan penuh hikmat. Walaupun momen hari santri ini jatuh pada tanggal 22 Oktober tepatnya dua hari yang lalu, namun tidak mengurangi antusias dan semangat para siswa dan seluruh civitas Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Balaraja. H. Bay Makmun, M.Pd. sebagai pembina upacara menyampaikan sedikit tentang sejarah memperingati hari santri ini bahwa "pemilihan tanggal 22 Oktober merujuk pada seruan Resolusi Jihad yang dicetuskan oleh Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945 atau dua bulan setelah kemerdekaan Republik Indonesia". pembina upacara juga menjelaskan bahwa "begitu gigihnya perjuangan para santri dan ulama dalam mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari serangan penjajah".

Mengutip situs resmi Kemenag, Tema Hari Santri 2022, yaitu Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan. Tema ini berisi pesan peran santri di setiap perjalanan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Selamat Hari Santri Nasional 2022 !

(ZKY)

Lebih baru Lebih lama